Pages

Wednesday, January 30, 2013

Whatsapp dituduh curi data Pelanggan

http://klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2013/01/29/144592/540x270/whatsapp-dituduh-curi-data-pelanggan.jpg

WhatsApp, aplikasi chat multi platform, dituduh melakukan pencurian data pengguna dalam kegiatannya. Hal ini dikarenakan WhatsApp bisa langsung mengakses kontak telepon yang ada di dalam ponsel pengguna.

Seperti yang dilansir oleh CBS News (28/1), tuduhan ini dilontarkan oleh komisi privasi dan perlindungan data. Tidak main-main, tuduhan ini dikeluarkan oleh dua badan berbeda di dua negara yaitu Privacy Commissioner of Canada (OPC) and the Dutch Data Protection Authority.


Dalam pernyataannya, kedua badan ini menilai bahwa aplikasi ini telah melanggar kebijakan privasi yang berlaku baik di Belanda dan Kanada karena pengguna harus menyediakan akses bagi WhatsApp untuk mengakses apapun yang ada di dalam kontak ponsel mereka. Di tambah lagi, ternyata WhatsApp juga memiliki akses terhadap data kontak tersebut walaupun ada juga yang tidak menggunakan aplikasi mereka.

"Investigasi membuktikan bahwa pengguna WhatsApp tidak bisa memakai aplikasi ini tanpa membiarkannya mengakses kontak di ponsel mereka. Kontak yang diakses ini juga meliputi pengguna dan bukan pengguna WhatsApp," terang Jacob Johnstamm, Privacy Commissioner of Canada (OPC) and the Dutch Data Protection Authority dalam sebuah pernyataannya.

Menurut Johnstamm, tindakan WhatsApp ini telah melanggar undang-undang yang berlaku di Kanada dan Belanda berkaitan dengan privasi. Di Belanda sendiri, pihaknya masih mempelajari bentuk pelanggaran lanjutan dari aplikasi ini, jika terbukti bersalah, maka WhatsApp bisa dicekal di sana. Sementara pihak berwajib di Kanada sepertinya akan menutup mata tentang hal ini karena belum adanya peraturan yang jelas.

WhatsApp sendiri merupakan sebuah aplikasi chat multi platform untuk smartphone. Saat ini, aplikasi ini bisa berjalan di iOS, Android, dan Blackberry dengan melayani lebih dari satu miliar pesan setiap harinya.

No comments: