Pages

Monday, March 18, 2013

Kumpulan Quote Terbaik Erik Cantona


The Telegraph, 09 Maret 2013 – Eric Cantona selalu dikait-kaitkan karakter uniknya di sepakbola dengan filsafat. Berikut adalah beberapa ‘quote’ yang sangat berkesan.
- If you have only one passion in life – football – and you pursue it to the exclusion of everything else, it becomes very dangerous. When you stop doing this activity it is as though you are dying. The death of that activity is a death in itself.
(Jika Anda hanya memiliki satu gairah dalam hidup – sepakbola – dan Anda mengejar itu dengan mengesampingkan segala sesuatu yang lain, itu menjadi sangat berbahaya. Ketika Anda berhenti melakukan kegiatan ini maka seolah-olah Anda sedang sekarat. Kematian kegiatan adalah kematian itu sendiri.)
- I didn’t study; I live. (Saya tidak belajar, saya hidup.)
- I prefer to play and lose rather than win, because I know in advance I’m going to win.
(Saya lebih suka bermain dan kalah ketimbang menang, karena saya tahu sebelumnya saya akan menang.)
- When the seagulls follow the trawler, it is because they think sardines will be thrown into the sea.
(Ketika burung-burung camar mengikuti pukat, itu karena mereka berpikir sarden akan dibuang ke laut.)
- I stopped playing football because I’d done as much as I could. I needed something which was going to excite me as much as football had excited me.
(Aku berhenti bermain sepak bola karena saya telah melakukan sebanyak yang saya bisa. Aku butuh sesuatu yang akan menggairahkan sebagaimana sepakbola memberi banyak semangat kepadaku.)
- Sometimes in life one experiences an emotion which is so strong that it is difficult to think, or to reason.
(Kadang-kadang dalam hidup seseorang mengalami emosi yang begitu kuat sehingga sulit untuk berpikir, atau untuk sebuah alasan.)
- I try to find different ways of expressing myself. Without that I will die.
(Saya mencoba untuk menemukan cara yang berbeda untuk mengekspresikan diri. Tanpa itu saya akan mati.)
- In football you have an adversary; in cinema that adversary is yourself
(Di dalam sepakbola Anda memiliki musuh, di dalam film musuh adalah diri Anda sendiri.)
- Often there are players who have only football as a way of expressing themselves and never develop other interests. And when they no longer play football, they no longer do anything; they no longer exist, or rather they have the sensation of no longer existing.
(Sering ada pemain yang hanya memiliki sepak bola sebagai cara untuk mengekspresikan diri mereka dan tidak pernah mengembangkan minat lainnya. Dan ketika mereka tidak lagi bermain sepak bola, mereka tidak lagi melakukan apa-apa, mereka tidak ada lagi eksis, atau lebih tepatnya mereka tidak lagi memiliki sensasi.)
- The pressure people put on themselves and the rivalry between the teams is much more marked. And I think that’s a good thing. As long as that rivalry remains within the spirit of competition, it con only spur everyone on.
(Tekanan orang-orang terhadap diri mereka sendiri dan persaingan antara tim jauh lebih berharga. Dan saya pikir itu hal yang baik. Selama persaingan itu tetap dalam semangat kompetisi, lawan akan memacu semua orang berada di atas.)
-My best moment? I have a lot of good moments but the one I prefer is when I kicked the hooligan.
(Saat terbaik saya? Saya memiliki banyak saat-saat yang baik tapi yang saya suka adalah ketika saya menendang hooligan.)
- We knew that you don’t get to be world champions without a struggle.
(Kami tahu bahwa Anda tidak bisa menjadi juara dunia tanpa perjuangan.)
- I’m proud of what I achieved there, but a life built on memories is not much of a life.
(Saya bangga dengan apa yang saya raih di sana, tapi kehidupan yang dibangun di atas kenangan tidak cukup untuk sebuah kehidupan.)
- Sometimes you get submerged by emotion. I think it’s very important to express it – which doesn’t necessarily mean hitting someone.
(Kadang-kadang Anda terjebak  oleh emosi. Saya pikir sangat penting untuk mengekspresikan itu – namun  tidak selalu berarti memukul seseorang.) 
***
10 Quote Terbaik Eric Cantona
Goal.com, 28 November 2010 – Eric Cantona tidak hanya sebagai pesepakbola handal. Disamping keahliannya menggocek bola, King Cantona juga pandai mengolah kata-kata hingga menjadi kalimat yang indah dan cenderung filosofis. Berikut adalah 10 quote terbaik Eric Cantona selama kariernya yang penuh warna.
10) “The revolution is really easy to do these days. What’s the system? The system is built on the power of the banks. So it must be destroyed through the banks. A real revolution” (2010)
- “Revolusi benar-benar mudah dilakukan hari ini. Apa itu sistem? Sistem dibangun pada kekuatan bank. Jadi harus dihancurkan melalui bank. Sebuah revolusi yang nyata.” (2010)
Saat krisis keuangan global melanda sistem ekonomi dunia, pesepakbola /filsuf /aktor gencar melakukan kampanye online untuk menyerukan “revolusi nyata.” Cantona kemudian menyerukan penarikan massal dana dari bank oleh puluhan juta orang yang terkena resesi di seluruh dunia.
“Ini berarti bahwa tiga juta orang membawa plakat mereka di jalanan, mereka pergi ke bank dan mereka menarik uang mereka dan bank akan runtuh. Tiga juta, 10 juta orang, dan bank runtuh dan tak akan lagi ada ancaman yang nyata.”
Pesannya telah mengumpulkan momentum tetapi kemudian dipertanyakan oleh para ekonom yang mengatakan taktik seperti itu berarti membuat bank cepat kehabisan uang tunai dan memerlukan intervensi pemerintah lebih lanjut.
Sebuah gerakan yang berbasis di Perancis telah berjanji untuk melakukan penarikan tabungan dari bank secara massal pada tanggal 7 Desember.
9) “After his first training session in heaven, George Best, from the favourite right wing, turned the head of God who was filling in at left back.” (2005)
- “Setelah sesi latihan pertama di surga, George Best, dari posisi favorit sayap kanan, memutar kepala Tuhan yang mengisi posisi di bek kiri.” (2005)
Kematian George Best pada bulan November 2005, yang dilihat sebagai pesepakbola besar dan hebat dalam cerita rakyat sepakbola, membuat banyak orang antri untuk meletakkan tanda penghormatan. Sedikit banyak bisa dibandingkan dengan pidato Cantona, sebagai sesama legenda United dia menambahkan, “Aku akan mencintainya karena telah menyelamatkan tempat saya di timnya, dialah George Best, bukan Tuhan.”
George Best dan Eric Cantona di tim yang sama. Mungkin itu akan menjadi sesuatu yang pantas untuk dinikmati.
8) “I am not a man, I am Cantona” (2009)
- “Saya bukan seorang pria, saya Cantona” (2009)
 Dalam film Ken Loach yang menawan ‘Looking for Eric’ pahlawan Manchester United itu datang untuk menyelamatkan fans fanatik Red Devils yang tertindas, Eric Bishop. Tukang pos itu dibantunya melalui krisis dalam separuh hidupnya oleh sang idola Cantona dimana kemudian mengutarakan kalimat yang mengesankan, “Saya bukan seorang pria, saya Cantona.”
Mungkin hal yang sama-sama mengesankan adalah garis dari karakter Bishop dalam film tersebut, “Aku bisa sampai di sini dengan filosofimu (filosofi Cantona). Aku masih mendapatkan banyak burung-burung camar f *% $ £ & *!”
7) “I don’t want to be in Terminator. I don’t want to be in Hollywood.” (2003)
- “Saya tidak ingin berada di Terminator. Saya tidak ingin berada di Hollywood.” (2003)
Selama karir suksenya bermain sepakbola Cantona mengakui bahwa, “Aku ingin berakting bahkan ketika saya masih bermain sepak bola.” Meski keterampilan tendangan Kung Fu-nya akan membuat Cantona cocok untuk film laga namun prospeknya melejit bersama saran Arnie dan keinginannya untuk membintangi film bergenre seni Perancis sebagai gantinya.
Bermain sebagai seorang pria gemuk di L’Outremangeur (The Overeater), pada tahun 2003 sang aktor mengatakan, “Ini sebuah film elitis dan aku tidak yakin bahwa setiap penggemar Manchester United akan menyukainya. Ini bukan sebuah film aksi dimana mungkin Anda datang untuk bersantai.
“Saya suka membuat karena saya menemukan ketertarikan saya dan tantangan secara intelektual,” dia menambahkan.
6) “Often there are players who have only football as a way of expressing themselves and never develop other interest. And when they no longer play football, they no longer do anything; they no longer exist, or rather they have the sensation of no longer existing.”
- “Sering ada pemain yang hanya memiliki sepak bola sebagai cara untuk mengekspresikan diri mereka dan tidak pernah mengembangkan minat lain. Dan ketika mereka tidak lagi bermain sepak bola, mereka tidak lagi melakukan apa-apa. Mereka tidak ada lagi, atau lebih tepatnya mereka tidak lagi memiliki sensasi.”
Dalam era pemain asing banyak pengecualian dan bukan Cantona namanya kalau tidak menonjol dalam sepak bola karena kemampuannya di lapangan dan sikapnya di luar lapangan. Di saat rekan-rekan satu timnya di Manchester United membaca tabloid, bermain kartu atau Gameboys di bus tim, Cantona duduk sendirian membaca sastra klasik Perancis, “Saya tidak belajar, saya hidup.”
 
Karena itu mungkin tidak mengejutkan bahwa ia melejit tinggi dengan kata-kata motivasinya dan keinginannya untuk mencoba hal-hal baru, dia menambahkan “Saya bangga dengan apa yang saya raih di sana, tapi hidup dengan kenangan tidak cukup untuk sebuah kehidupan.”
5) “My best moment? I have a lot of good moments but the one I prefer is when I kicked the hooligan.”
- “Momen terbaik saya? Saya memiliki banyak momen bagus tapi yang saya suka adalah ketika saya menendang hooligan.”
Hanya dalam enam musim di sepak bola Inggris talismanic asal Prancis ini memenangkan lima gelar liga, dua Piala FA dan menjadi pujaan seumur hidup dari pendukung Manchester United. Dari semua capaian tersebut, dalam sebuah wawancara Cantona justru mengatakan momen terbaik (puncak kariernya) dalam sepak bola adalah ketika melakukan tendangan kung-fu pada fans Crystal Palace pada Januari 1995.
Kehilangan seorang Cantona begitu terasa saat diskors dari sepak bola selama delapan bulan. Tanpa dia Manchester United tidak memenangkan apa-apa.
4) “I’m so proud the fans still sing my name, but I fear tomorrow they will stop. I fear it because I love it. And everything you love, you fear you will lose.” (2004)
- “Saya sangat bangga para fans masih menyanyikan nama saya, tapi saya takut besok mereka akan berhenti. Aku takut karena aku menyukainya. Dan segala sesuatu yang Anda cintai, Anda takut akan kehilangan.” (2004)
Ketika Cantona datang ke Old Trafford pada Desember 1992 klub telah kehilangan gelar liga sebelumnya yang direbut oleh Leeds United, dimana pesepakbola Prancis lainnya memainkan peran kunci.
Penandatanganannya untuk bergabung bersama Setan Merah dari rival Leeds United menjadi bagian terakhir kebangkitan United sekaligus mengakhiri puasa gelar liga selama 26 tahun. Bertahun-tahun setelah gantung sepatu pada usianya yang baru 30 tahun, penandatanganan £ 1.2 juta dari Leeds tetap menjadi ikon teratas dan terpilih sebagai pemain terbesar dalam sejarah klub dalam jajak pendapat 2001.
3) “Sac à Merde” (1988)
- “Kantong Kotoran” (1988)
Henri Michel memberikan debut Cantona untuk Perancis pada tahun 1987 melawan Jerman Barat dan sama seperti orang yang menggantikan dia di tim nasional, Zinedine Zidane, ia mencetak gol di pertandingan pertamanya.
Setelah tidak dipanggil lagi oleh Michel setahun kemudian, Cantona dengan berang menyerang manajernya di televisi nasional dan menyebutnya “kantong kotoran”. Ia kemudian dilarang berpartisipasi di sepak bola internasional selama satu tahun dan kembali ketika Michel Platini menggantikan Michel sebagai manajer Prancis.
2) “Deschamps gets by because he always gives 100 per cent, but he will never be anything more than a water carrier.” (1996)
- “Deschamps mendapatkannya karena ia selalu memberikan 100 persen, tetapi ia tidak akan pernah menjadi sesuatu yang lebih dari pembawa air.” (1996)
Tuan Cantona memicu persaingan dengan mantan rekan setimnya di Prancis Didier Deschamps sebelum Manchester United bermain melawan Juventus pada tahun 1996 dengan menyebutnya sebagai “pembawa air.”
“Anda dapat menemukan pemain seperti dia (Deschamps) di setiap sudut jalan. Saat ini Didier suka bertindak seperti seorang biarawan dan seorang moralis tapi dia akan berakhir berkubang dalam setiap jenis sifat buruk,” katanya kepada surat kabar Perancis.
Lebih lanjur Cantona memberikan komentar yang sangat menusuk, “Hanya ada dua pemain Prancis yang layak di Italia, yaitu Youri Djorkaeff dan Zinedine Zidane dan sisanya tidak ada yang istimewa.”
Deschamps kemudian membalasnya, “Berapa banyak pemain dapat Anda temukan di sudut-sudut jalan yang telah memenangkan dua Piala Eropa? Selain itu, setiap tim membutuhkan pembawa air.”
Deschamps yang kemudian memenangkan Piala Dunia bisa tertawa lepas ketika Bianconeri memenangkan kedua pertandingan melawan Manchester United dalam kompetisi musim itu.
1) “When the seagulls follow the trawler, it’s because they think sardines will be thrown into the sea. Thank you very much.” (1995)
- “Ketika camar mengikuti kapal pukat, itu karena mereka berpikir sarden akan dilempar ke laut. Terima kasih banyak.” (1995)
“Murid” dari Raja Eric pasti akan menyerang Manchester Bastille yang lebih dikenal sebagai Old Trafford jika kalimat ini tidak menjadi nomor satu! 
Setelah kasus serangannya di Selhurst Park pemain nomor tujuh Man United harus disiplin dan harus melakukan kerja sosial sebagai bagian dari hukumannya (larangan delapan bulan bermain sepak bola). Di hadapan media sang bintang terlihat murung dan duduk diam di suatu konferensi pers saat pejabat klub memberikan keterangan kepada wartawan perihal perkembangan kasus Cantona.
Dan di tengah konferensi, Cantona kemudian berbicara dan mengucapkan kutipan yang paling terkenal, mengambil seteguk air lama-lama di antaranya, dan kemudian membandingkan media yang mengganggunya dengan segala laporan kegiatan Cantona sehari-hari seperti burung-burung camar yang lapar. Merci beaucoup Eric!


Source : 

No comments: