Pages

Wednesday, January 30, 2013

Sudah saatnya Apple ubah desain dan UI mereka

Sudah saatnya Apple ubah desain dan UI mereka
Menurut beberapa analis, salah satu penyebab turunnya market share Apple adalah dari segi inovasinya desain dan UI-nya.

Di tahun 2013 ini, banyak produk baru yang segera diluncurkan. Dari beberapa produk tersebut, beberapa di antaranya menggunakan operating system yang berbeda dan memiliki desain UI yang tak kalah menarik.


Sayangnya, hal tersebut nampaknya tidak dicermati oleh Apple. Seperti yang dilansir Locker Gnome (15/01), memang pada awalnya UI milik Apple adalah salah satu yang terbaik.

Namun, ketika banyak pihak yang mencoba menciptakan desain UI lain dan lebih baik dari Apple, perusahaan Cupertino ini masih tetap menggunakan desain UI lama mereka.

Pada saat diluncurkannya, iPhone 5 atau iPad Mini, banyak penggemar produk Apple yang sedikit kecewa karena desain dan UI yang dipakai kedua produk paling baru tersebut masih sama seperti produk sebelum-sebelumnya.

Memang tidak dapat secara 100% menyalahkan Apple karena ada kemungkinan dengan menggunakan desain dan UI yang terus menerus sama, perusahaan satu ini ingin mencoba mempertahankan trademark dan ciri khas mereka.

Akan tetapi, satu hal yang perlu diperhatikan adalah salah satu dari beberapa pertimbangan pengguna perangkat mobile ketika ingin membeli satu perangkat baru adalah dari segi desain dan tampilan UI-nya.

Mungkin sudah waktunya Apple sedikit mengendorkan idealis mereka dengan mencoba berkreasi dan menciptakan inovasi baru untuk produk-produknya. Dengan desain baru dan tampilan UI yang menarik, ada kemungkinan market share mereka dapat kembali menjulang.

No comments: