Pages

Thursday, March 14, 2013

Friedel Terinspirasi Ibunya yang Masih Jadi Guru Olahraga di Usia 70 Tahun

























London - Brad Friedel masih mampu unjuk gigi sebagai seorang kiper di salah satu klub besar Eropa meski sudah berumur 41 tahun. Ini mungkin "turunan" dalam keluarga mengingat ibunda Friedel pun masih aktif menjadi guru olahraga di usia 70 tahun.

Lahir 18 Mei 1971 silam di Ohio, Amerika Serikat, bulan Mei depan Friedel sudah akan genap berusia 42 tahun. Tetapi kemampuannya masih amat diperhitungkan di klubnya, Tottenham Hotspur, yang juga salah satu klub papan atas Inggris.


Pada 6 Mei 2012 lalu Friedel juga menjadi pemain tertua yang tampil di sebuah laga kompetitif untuk Spurs, saat tampil di partai Liga Primer Inggris lawan Aston Villa. Atas kemampuannya, pada 26 Desember 2012 ia disodori kontrak baru oleh Spurs sehingga bakal bertahan di klub itu sampai 2014.

Posisinya sebagai kiper inti kini memang sudah mulai digusur oleh Hugo Lloris. Namun, Friedel tetap menjadi pilihan dalam sejumlah pertandingan, salah satunya kemungkinan besar untuk pertandingan leg II babak 16 besar Liga Europa kontra Inter Milan, Jumat (15/3/2013) dinihari WIB.

Atas karier sepakbolanya yang masih belum menunjukkan tanda-tanda bakal berhenti, Friedel rupanya mendapat inspirasi dari sosok ibunda. "Aku berusia 41 tahun Mei lalu, tapi aku ditempa seperti ibuku," katanya di Mirror.

"Ibuku masih mengajar olahraga dan belum memperlihatkan tanda-tanda bakal berhenti. Usianya 70 tahun dan mengajar anak-anak berusia 5 tahun sampai 14 tahun."

"Ia mengajarkan mereka semua olahraga yang berbeda AS--mulai dari voli sampai basket--di Cleveland, Ohio, dan sangat aktif dalam memberikan pelajarannya," paparnya.

Melihat kiprah sang ibu itulah Friedel merasa dirinya memang memiliki fisik yang mirip-mirip sehingga bisa tetap bugar dan terus berkarier.

"Aku tak merasa berbeda. Ketika aku menjalani tes medis di klub, hasilnya adalah kertas yang amat tipis. Jika Anda melihat ayah dan ibuku, ayahku Len sedikit kurang beruntung dalam menghadapi cedera dan sakit, tapi ibuku sama sekali berbeda," lugas Friedel.


Source :http://sport.detik.com/sepakbola/read/2013/03/14/130659/2193840/424/friedel-terinspirasi-ibunya-yang-masih-jadi-guru-olahraga-di-usia-70-tahun?b991106gibol

No comments: